Macam Macam Perangkat Keras Internet

Macam Macam Perangkat Keras Internet
Macam Macam Perangkat Keras Internet

Macam Macam Perangkat Keras Internet -
Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Macam Macam Perangkat Keras Internet Dan untuk Lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah.


PERANGKAT KERAS UTAMA DALAM AKSES INTERNET


Dengan perkembangan teknologi yang super canggih kini komputer sudah banyak memiliki pesaing yang juga memiliki fungsi yang sama dalam akses jaringan internet. meskipun demikian, komputer dan juga PC masih juga mendominasi. disamping itu kemajuan jaringan internet juga didukung oleh kemajuan perangkat-perangkat lain yang semakin meningkat pelayanan dalam jaringan internet. Dalam mengakses jaringan internet, kita butuh perangkat keras utama untuk mengakses internet, berikut penjelasannya:


  1.  Komputer
     Komputer adalah perangkat paling utama atau perangkat pertama dalam awal mulanya  terbentuk jaringan internet, spesifikasi minimal untuk PC(Personal Computer) atau laptop  agar bisa digunakan untuk mengakses internet adalah:
     a.   Processor Pentium III 500 MHz
     b.   Ram 64 MB
     c.   VGA Card 4 MB
     d.   Sound Card and Speaker
     e.   CD Rom
     d.   Hardisk 10 GB
     g.   Monitor CRT SVGA

  2. Modem
    Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Data dari komputer yag berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat di proses lebih lanjut oleh komputer. Singkatnya dari pengertian modem adalah perangkat keras pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

    Baca juga : Ketahui 9 Jenis Virus iini bisa menyerang komputer anda dalam sekejap!

    jenis modem berdasarkan beberapa kategori:
    a.   Berdasarkan letaknya.
          1).   Modem Eksternal
    Macam Macam Perangkat Keras Internet
    Macam Macam Perangkat Keras Internet
       
                 Modem eksternal yaitu modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU.                        Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN atau kabel USB,                      tergantung tipe dari modem tersebut.

          2).   Modem Internal
    Macam Macam Perangkat Keras Internet
    Macam Macam Perangkat Keras Internet
                 
                 Modem Internal merupakan modem yang dipasang di dalam perangkat komputer                      terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata                          kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.


    b.   Berdasarkan cara koneksi dengan ISP:
          1).   Modem wireline atau wired
                 Modem wireline atau wired adalah modem yang menggunakan media kabel untuk                   berkoneksi dengan ISP.
          2).   Modem Wireless
                  Modem Wireless adalah modem yang menggunakan media nirkabel atau tanpa kabel                (gelombang elektromagnetik) untuk berkoneksi dengan ISP.

    c.   Berdasarkan ISP yang digunakan:
          1).   Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line).
          2).   Modem DSL (Digital Subscriber Line).
          3).   Modem CDMA (Code Division Multiple Access).
          4).   Modem GSM (Global System for Mobile Communication).
          5).   Modem Dial Up.
          6).   Modem kabel: yaitu, perangkat keras yang menghubungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke Internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,6 Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet.

  3. Saluran Telepon
    Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem Dial Up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang digunakan adalah modem kabel.

    Baca juga : Macam-macam Kejahatan Di Internet


    PERANGKAT KERAS PENDUKUNG DALAM AKSES INTERNET
Selain tiga perangkat utama, seperti (Komputer, modem, dan saluran telpon), terdapat juga 4 perangkat keras pendukung dalam akses internet, antara lain:

Baca juga : Pengertian Internet Dan Sejarah Terbentuknya Internet


macam macam perangkat keras internet
Macam Macam Perangkat Keras Internet
  1. Hub/Switch
    Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan enthernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.

  2. Repeater

    macam macam perangkat keras internet
    Macam Macam Perangkat Keras Internet

          Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal aslinya.

  3.       Bridge
    macam macam perangkat keras internet
    Macam Macam Perangkat Keras Internet

    Bridge
    adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dau buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair(UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

    Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Dalam Mengakses Internet
  4. Router 
Macam Macam Perangkat Keras Internet
Macam Macam Perangkat Keras Internet

Router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dan router dan switch adalah switch merupakan suatu jalanan sedangkan router merupakan sebagai penghubung antar jalanan.

Sekian artikel tentang Macam Macam Perangkat Keras Internet dari saya, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi pembaca, Terima Kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Macam Macam Perangkat Keras Internet"