Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya


Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya
Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya

Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya- Assalamualaikum Wr.Wb kali ini saya akan membagikan artikel mengenai Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya yang akan saya bahas secara singkat dan mudah dimengerti.

Internet adalah adalah sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan miliaran informasi/data yang dapat berupa teks, grafik, audio, maupun animasi. Dan lain -lain berupa bentuk media elektronik.

Istilah Internet yang saya akan share ini pasti kalian sebagian besar sudah banyak yang mendengarnya tetapi disini tidak hanya Istilah Internet saja bahkan akan saya jelaskan mengenai Pengertian Dan Fungsinya

oke kita langsung saja bahas mengenai Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya secata lengkap.

1. Bandwith
Pasti kamu sering dengar kata Bandwith? iya istilah Bandwith sering kali kita dengar dalam gelombang atau radio.Istilah Bandwith sangat tidak asing bagi kalangan internet marketing (IM). Bandwith digunakan sebagai ukuran kemampuan swebuah jaringan dalam mentransfer data pada jangka waktu tertentu.

2. Chat
Sebuah fasillitas untuk mengirim dan menerima pesan berbentuk tulisan secara real time.

3. Chatting
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan maupun lisan. Istilah Chatting yang digunakan saat ini menggunakan interaksi dengan fasilitas chat.

4. Carding
Istilah kejahatan internet dengan mencuri no.pin kartu kredit  untuk mendapatkan sejumlah uang.

5. Client
Client yaitu sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya dikendalikan/digunakan oleh seorang user.

6. Dial Up
Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telpon.

7. Dial Up Networking
Fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft.

8. Download
Sebuah proses transfer atau pengambilan data dari internet yang disimpan ke komputer.

9. Downstream
Downstream  yaitu kecepatan  pada saat kita mengambil data-data dari server internet ke komputer kita.

Baca juga : 4 Apresiasi Karya Seni Rupa Terapan

10. E-Commerce
Istilah yang dipakai untuk perdagangan atau transaksi perbankan di internet.

11. Domain Name
Nama khusus untuk menandakan sebuah alamat web di internet.

12. E-Mail
Sebuah fasilitas untuk mengirimkan pesan/menerima pesan dalam bentuk tulisan, berbeda dengan chat e-mail tidak secara real time.

13. FTP (File Transfer Protocol)
Protokol antarmuka yang digunakan untuk mentransfer, mengirim, atau menerima file dari internet.

14. Hacker
Orang yang ahli di bidang komputer, internet pada khususnya, dengan keahliannya hacker dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah dibuat oleh webmaster, atau administrator.

15. Homepage
Halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet.

16. Hosting
Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Jenis penggunaannya bermacam-macam berdasarkan kebutuhan, mulai dari hosting untuk: Web (untuk penyimpanan dan aplikasi website melalui port http)Email (untuk pusat data email), FTP (untuk file transfer) sampai VPN.
\
17. HTML
HTML adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan dalam bahasa program.

18. Http://
Http:// adalah kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program web browser bahwa protocol (antarmuka) yang digunakan adalah http.

19. Intranet
Intranet  adalah sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

20. Internet-TV
Internet-Tv  adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media/alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.

21. ISP Internet Service Provider)
ISP adalah penyedia jasa layanan koneksi internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

22. JPEG
JPEG yaitu kepanjangan dari Joint Photografic Experts Group selain GIF, JPEG merupakan file gambar yang banyak digunakan di internet, JPEG mempunyai file ukuran yang lebih kecil.

23. Log in
Login adalah otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).

24. LAN
LAN  adalah kepanjangan dari Local Area Network. LAN sering kita jumpai di perkantoran, warnet maupun kampus. Jaringan ini dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak terdekat (terbatas) hingga beberapa km saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya.
Baca Juga : Pengertian Internet Dan Sejarah Terbentuknya Internet

25. Log Off
Log Off  adalah keluar dari sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).

26. MAN
MAN adalah kepanjangan dari Metropolitan Area Network  yaitu jenis jaringan yang memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer data pun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang dapat cakupan nya berkisar hingga 50 km.. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar.

27. Mailing List
Mailing List atau Newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (Pengguna Internet) yang memiliki masalah dan topik yang sama.

28. Offline
Offline adalah terputus atau tidak terhubung ke koneksi internet atau ke dalam suatu jaringan.

29. Online
Online adalah terhubung ke dalam suatu koneksi internet atau suatu jaringan internet.

30. Password
Password yaitu kode rahasia yang digunakan oleh pengguna untuk dapat mengotorisasikan username. yang dia miliki untuk dapat memasuki sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).

31. SPAM
Spam yaitu pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti e-mail yang tidak penting, berantai, iklan dan sebagainya.

32. Search Engine
Search Engine atau yang biasa kita sebut yaitu Mesin Pencari. Search Engine  merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat, contoh Search Engine  yang paling terkenal saat ini ada adalah Google, Yahoo, dan Bing.

33. Upload
Upload yaitu proses pengiriman atau transfer data dari komputer yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

34. Upstream
Upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server.

35. Virus
Virus yaitu program tersembunyi yang dapat menumpang pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada e-mail, yang sangat merugikan pengguna di mana program tersebut dapat merusak program lainnya di komputer atau pun website.

36. WAN
WAN adalah kepanjangan dari Wide Area Network yaitu jaringan yang memberikan layanan lebih luas dibandingkan MAN.
WAN yaitu jaringan yang dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah Device untuk menghubungkannya dan Device  itu kita sebut Router.

37. Web Browser
Web Browser  yaitu program komputer yang digunakan sebagai media untuk berselancar di internet, contohnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, UC Browser, dan sebagainya.

38. Web Master
Web Master yaitu seorang yang bertanggung jawa untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

39. Web Page
Web Page  yaitu halaman yang dapat ditampilkan website di internet, yang dapat menampilkan berupa teks, gambar, bahkan suara, animasi, video, dan lain-lain.

40. WWW
WWW yaitu kepanjangan dari World Wide Web.  WWW  yaitu istilah yang digunakan dalam internet untuk di awal situs.

Gimana sudah tahu kan Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya? kalau sudah tahu ya alhamdulillah semoga bermanfaat buat kalian semuanya.
Demikian artikel yang bisa sampaikan mengenai Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya semoga bermanfaat!.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Istilah Istilah Internet Beserta Pengertian Dan Fungsinya"

  1. Hmpir semua udah saya ketahui, soalnya dpt pelajarannya di sma

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan terima kasih buat kunjungannya juga:)

      Delete