5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan

5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan
5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan


Assalamualaikum Wr.Wb

5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan - Selamat Malam gan :)
Alhamdulillah kali ini saya akan membagikan artikel tentang 5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan yang insya allah akan saya bahas tuntas semuanya.

Karya Seni Rupa Terapan Adalah Karya Seni Yang Dibuat Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup Manusia Agar Kehidupannya Lebih baik. Karya Kerajinan Ini Pada Pokoknya Merupakan Benda Yang Digunakan Fungsinya, Tetapi benda tersebut juga memiliki keindahan yang sangat baik.

Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan
Bahan yang digunakan  juga bermacam macam, maka Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan juga sangat beragam.Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan di nusantara diantaranya:
  
#1. Teknik Tenun
  Teknik Tenun adalah cara pembuatan karya seni rupa terapan dari bahan benang.Teknik Tenun  merupakan pembuatan  kerajinan kain dengan menggunakan alat dan teknik yang sederhana.Alat        yang digunakan untuk pembuatan kain tenun adalah gedog. Alat tenun gedog berfungsi sebagai          alat penganyam benang. Teknik jenis ini masih sangat sering dijumpai di wilayah nusantara                 diantaranya Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan, Dan Daerah Sumatra.
#2. Teknik Anyaman
 Teknik Anyaman adalah cara mengatur bilah atau lembaran secara tindih - menindih  dan silang            menyilang. Teknik Anyaman berkembang di wilayah nusantara secara turun temurun sejak dulu.
Hasil anyaman digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti tikar, tas, dinding,rumah, keranjang,topi,DLL. Bahan yang digunakan berupa bambu,daun pandan berduri, daun mendong,rotan,daun tal,gebang,lalang,purun dan daun kelapa.
Daerah di Indonesia yang identik sebagai penghasil  anyaman adalah
Tasikmalaya (Jawa Barat),NTT, Lombok, Padang,dan Bali.

5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan
5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan

#3. Teknik Membatik
 Teknik Membatik adalah cara pembuatan karya kerajinan dengan menggunakan bahan lilin dan pewarna (napthol), di atas permukaan kain dengan menggunakan alat canting dan menggunakan teknik tutup,celup. Adapun corak dan motif batik diantaranya solo (surakarta),Yogyakarta,kedu, lasem,cirebon,banyumas, palembang, dan masih banyak lagi

#4 Teknik Ukir
Teknik Ukir adalah teknik berkarya semi rupa dengan cara membentuk dan mengurangi bahan yang diukir dengan menggunakan peralatan ukir atau pahat.Alat yang digunakan untuk pembuatan ukiran adalah tatah ukir. Seni pembuatan Seni Ukir biasanya menggunakan bahan dari kayu,batu,tulang, atau tembaga.

#5 Teknik Membentuk
Teknik Membentuk merupakan cara membuat hasil karya seni rupa terapan dengan membentuk dab menambah bahan sedikit demi sedikit sehingga terbentuk karya yang baik/. Bahan yang digunakan di teknik ini biasanya adalah Tanah Liat. Adapun teknik pembuatan gerabah dari tanah liat ada beberapa cara ,diantaranya

  1. Teknik coil atau pilin, Teknik yang satu ini menggunakan tangan langsung dengan membuat coil lempengan atau pijat jari.Teknik ini untuk membuat bentuk bebas sesuai yang diinginkan. teknik coil ini yang paling disukai oleh seniman  dan penggemar keramik.
  2. Teknik Putar, merupakan cara pembuatan karya dengan menggunakan alat putar. Bentuk yang dihasilkan dari Teknik Putar ini adalah bentuk silindris dan simetris
  3. Teknik Cetak, merupakan cara pembuatan karya dengan Teknik Cetak. Teknik ini biasanya digunakan untuk memproduksi barang yang banyak dengan bentuk yang sama.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenaI 5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan semoga bisa bermanfaat AMINN.

Terima Kasih sudah berkunjung ke Semua Tentang Pendidikan 15
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Pengembangan Islam di Pulau Jawa Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan"

  1. bagus nih artikel nya lumayan lengkap teknik untuk membuat karya seni terapan nya

    ReplyDelete