Karya Seni Rupa Terapan Bermutu

Karya Seni Rupa Terapan Bermutu
Karya Seni Rupa Terapan Bermutu

A. SENI RUPA NUSANTARA                                        
Karya Seni Rupa Terapan Bermutu - Wilayah Nusantara sangat kaya akan keberagaman karya Seni Rupa Cabang seni yang menggunakan media rupa di wilayah nusantara disebut dengan Seni Rupa Nusantara.  Berdasarkan fungsi atau kegunaannya seni rupa dapat dikelompokkan menjadi dua,yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.  Seni rupa murni adalah karya seni yang menggunakan media visual sebagai alat pemuas ekspresi pribadi atau karya yang dibuat hanya untuk dinikmati keindahannya saja . Seni rupa murni terdiri dari seni lukis,seni grafis, seni patung, dan seni instalasi. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni yang dibuat dengan tujuan aspek kegunaan atau memiliki fungsi guna. Seni rupa terapan terdiri dari seni kriya dan seni rupa desain adalah seni rupa yang berupa rancangan karya . Desain terdiri dari desain produk, desain tangan atau seni kriya. Kerajinan memiliki fungsi pakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Dalam bahasan ini akan kita ulas mengenai karya seni rupa terapan yang ada di wilayah Nusantara. Dengan ditemukannya serpihan serpihan tembikar yang berfungsi peralatan rumah tangga merupakan bukti bahwa karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara  sudah ada sejak berabad abad yang lalu.

Baca Juga :Cerita Legenda Asal Usul Danau Toba
                   Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
                 
B. Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Nusantara
Seni rupa terapan atau sering disebut kerajinan merupakan suatu karya seni yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Karya kerajinan ini pada pokoknya merupakan benda yang digunakan fungsinya , tetapi benda tersebut memiliki rasa keindahan. Seni rupa terapan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni kriya atau seni kerajinan, dan seni desain. Seni kerajinan dapat dikelompokkan menurut bahan yang digunakan maupun teknik pembuatannya.
a.     Bahan Pembuatan Karya Seni Rupa Terapan
         
Pembuatan karya Seni RupaTerapan berdasarkan bahan yang   digunakan sangat beragam. Di wilayah Nusantara sebagian besar hasil karya seni rupa terapan berasal dari bahan alam yang di dapat dari daerah sekitar. Bahan tersebut dapat berupa kayu,batu,bambu,rotan,daun pandan,dan tanah liat.
a.    
Kayu  merupakan bahan alam yang banyak dijumpai di wilayah Nusantara. Kayu yang baik digunakan untuk membuat kerajinan adalah yang berbahan keras dan memiliki serat lembut ,serta tidak mudah pecah. Kayu dengan ciri tersebut sangat bagus untuk membuat ukiran mebeler dan rumah. Kayu yang bagus digunakan untuk membuat kerajinan seperti kayu jati,kayu kayu sonokeling,kayu mahoni,kayu cendana,kayu pinus,kayu akasia, dan kayu durian.

Batu  juga dapat digunakan untuk membuat karya seni dari pembuatan patung, relief, ukir ukiran, dan benda pakai lainnya. Batu yang digunakan untuk membuat kerajinan diantaranya batu hitam sampai batu putih. Macam macam batu yang dapat digunakan untuk membuat hasil  karya seni antara lan batu andesit,batu granit,batu pualam dan batu cadas

Bambu  memang banyak kita jumpai di wilayah nusantara. Jenis bambu sangat banyak, dan semua jenis bambu dapat digunakan untuk membuat kerajinan. Dari pembuatan mebelar,hiasan, alat musik, dan untuk membuat konstruksi rumah. Selain itu bambu juga dapaT digunakan untuk membuat anyaman. Jenis bambu yang bagus untuk membuat anyaman, yaitu bambu apus dqan bambu wulung. Bambu apus warnanya hijau, sedangkan bambu wulung warnanya ungu. Untuk membuat anyaman bambu dibuat menjadi bilah bilah tipis terlebih dahulu , baru kemudian dijadikan anyaman . Daerah penghasil anyaman bambu yang paling terkenal adalah Rajapolah dan Tasikmalaya. Hasil anyaman bambu dapat berupa dinding rumah, plafon rumah,besek,nyiru,bakul,kepang,dan caping.

d.    Rotan  merupakan bahan untuk membuat anyaman yang paling bagus dan kuat.Rotan dibagi menjadi 2 jenis yaitu rotan besar dan rotan cacing. Bahan rotan dapat digunakan berbagai macam kerajinan yang menarik. salah satunya  adalah untuk anyaman dengan membuat bilah bilah kecil agar dapat dianyam. Daerah penghasil kerajinan anyaman rotan yang paling terkenal adalah di daerah Cirebon. Contoh anyaman dari rotan seperti rak buku, keranjang, tas, dan meja kursi.

e.  Tanah Liat merupakan bahan dari alam dapat digunakan untuk membuat kerajinan. Hasil kerajinan dari tanah liat sebagian besar berupa gerabah atau benda untuk kebutuhan rumah tangga. Tetapi tanah liat juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat hiasan dinding maupun aksesories.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan tentang Karya Seni Rupa Terapan Bermutu semoga bermanfaat  bagi anda sekalian para pembaca...)
Terima Kasih sudah berkunjung ke Semua Tentang Pendidikan 15



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karya Seni Rupa Terapan Bermutu"

Post a Comment