Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya - Seiring perkembangan era globalisasi terutama di bidang komunikasi dan informasi, pertumbuhan internet semakin maju dan pesat. Terbukti dengan banyaknya pengguna internet di seluruh dunia. Hampir setiap harinya banyak orang yang mengakses internet baik itu melalui smartphone ataupun dekstop. 

Dalam mengakses internet kita membutuhkan jaringan internet/koneksi internet. Dengan menggunakan jasa layanan Internet Service Provider (ISP) kita bisa mengakses internet baik untuk mencari informasi, menggunakan sosial media, dll.

Dalam mengakses jaringan internet tentunya kita membutuhkan kabel jaringan, antara lain kabel Coaxial, Kabel  UTP, STP(Shieled Twisted Pair), Fiber optic. Dan berikut penjelasan tentang Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya.


1.  Coaxial

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya


Coaxial adalah salah satu jenis kabel jaringan yang terdiri dari satu buah kawat tembaga, yang dilapisi oleh berbagai macam lapisan pelindung.

Coaxial masih kalah populer dengan jenis kabel jaringan lainnya seperti kabel UTP dan Fiber Optic.
Coaxial banyak digunakan di jaringan lokal karena biaya pembangunan jaringannya relatif murah, biasanya kebil ini digunakan pada topologi Ringa dan Bus.

Baca Juga : Ketahui 10 Cara Koneksi Internet Beserta Penjelasannya
Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik dari cross talk dan electrical interference (berasal dari petir dan sistem radio) karena terdapat semacam perlindungan logam /metal dalam kabel tersebut. Kabel  coaxial hanya dapat mempunyai transfer rate data maksimum 10 Mbps.

2.  Kabel UTP

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena UTP mempunyai tingkat noise yang kecil, disebabkan kabel dililitkan berpasangan sehingga mengurangi gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu pengiriman data.

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di-twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat, atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel/8 kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maksimum 100 m.

Umumnya di indonesia warna kabel yang terlilit/di-twist adalah (orange-putih orange), (hijau-putih-hijau), (cokelat-putih-cokelat dan biru-putih-biru). Pada umumnya menggunakan konektor RJ-45. Pada saat ini penggunaan kabel UTP merupakan pilihan yang paling efisien dalam pengembangan jaringan komputer berkecepatan tinggi 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps.
3.  STP (Shielded Twisted Pair)

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya
Shielded Twisted Pair (STP) adalah salah satu kabel yang masuk ke dalam kabel jaringan Twisted Pair. kabel STP merupakan kabel alternatif yang bisa digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Secara fisik kabel Shielded sama dengan Unshielded tetapi perbedaannya sangat besar dimulai dari kontruksi kabel Shielded mempunyai selubung tembaga atau alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan kabel STP lainnya adalah tidak samanya standar antarperusahaan yang memproduksi, lebih mahal, dan lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.

Baca Juga : Ketahui! 9 jenis Virus Ini dapat membahayakan komputer anda dalam sekejap!
Kabel jaringan STP adalah kabel jaringan yang memiliki pasangan berpilin atau berbelit dimana didalamnya terdapat lapisan yang berupa aluminium foil yang dipasang disetiap pasang dawai kabel untuk melindungi kabel ini terhadap gangguan interferensi elektromagnetik.

Kabel jaringan STP difungsikan sebagai suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transisi terarah. yang digunakan untuk perpindahan arus data dalam jaringan komputer.

 4. Fiber Optic

Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Fiber optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multimode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebihjauh. Sedangkan, multimode menggunakan LED sebagai media transmisinya.
       
       Teknologi fiber optic atau serat cahaya memungkinkan menjangkau jarak yang besar dan menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik.kecepatan transfer data dapat mencapai 1.000 Mbps serta jarak dalam satu segment dapat lebih dari 3,5 KM. Kabel serat cahaya tidak terganggu oleh lingkungan cuaca dan panas.

Kabel fiber optic terdiri dari macam-macam jenis tergantung darimana tempat kabel FO akan diletakkan, misal dalam air, bawah tanah, dan lain-lain.

Baca Juga : Ketahui! Sejarah Awal Terbentuknya Internet

Dari segala macam keuntungan, kabel serat cahaya terdapat kerugian. Kerugiannya adalah antara lain penanganan khusus serta harganya sangat mahal, tetapi kabel ini merupakan alternatif yang paling baik bagi masa depan jaringan komputer.
Adapun keuntungan-keuntungan lain dari kabel fiber optic adalah :

  •          Kecepatan; jaringan-jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi, mencapai gigabits.
  • .       Bandwith; fiber optic mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar.
  •          Distance; sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan refresh atau diperkuat.
  • .        Reistance; daya tahan kuat terhadap imbas elektromagnetik yang dihasilkan perangkat perangkat elektronik seperti radio, motor, atau bahkan kabel-kabel transmisi lain di sekelilingnya
Demikian artikel dari saya mengenai 4 Jenis Kabel Jaringan Komputer semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Jenis Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya"

Post a Comment